notes | photography | activism | humanitarian

Naga Kayu


Tahun 2024 adalah tahun Naga Kayu atau Wood Dragon dalam zodiak China. Tahun Naga Kayu dimulai dari 10 Februari 2024 hingga 28 Januari 2025. 

Dalam astrologi Tionghoa, naga melambangkan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan. Tahun Naga Kayu diartikan sebagai awal yang baru bagi kesuksesan. Naga Kayu hanya muncul sekali setiap 60 tahun, menjadikannya makhluk langka dan menakjubkan. 

Tahun Naga Kayu dipercaya membawa energi yang kuat dan dinamis. Shio yang cocok dengan shio Naga Kayu seperti Tikus, Monyet, Ular, dan Ayam. Masyarakat Tionghoa percaya, kepribadian, kecocokan cinta, sampai peruntungan seseorang berkaitan erat dengan shio yang menaunginya.

Ada suatu tulisan di Kompaspedia yang mengulas soal riwayat astrologi Tionghoa dan ramalan Shio. Menurut penulisnya, astrologi Tionghoa pada dasarnya adalah kesenian kuno yang digunakan untuk mengungkap kepribadian, sifat seseorang, gaya hidup, kesehatan, karier, dan kecocokannya dengan orang lain. Yang menarik, menurut tulisan itu, bagi masyarakat Tionghoa, ramalan masa depan berfungsi untuk menghindari “ciong” dan ketidakselarasan antar-manusia. 

Ada cerita lain yang ditulis di kompaspedia, tapi better you read yourself ya.

Sebagai bukan dari orang Tionghoa, saya coba pahami maksudnya, mungkin yang disebut ramalan-ramalan itu is not exactly telling us what will happen in the future, but rather be a kind of corridor or pattern of behavior. Sebuah pedoman bertindak untuk mencapai keselarasan yang mungkin berbeda antara suatu tahun dengan tahun lainnya. 

Artinya, semua yang baik atau yang tidak baik pada tahun ini, semua keberuntungan atau sebaliknya, semua “ciong” sebenarnya bisa menimpa pada siapa pun, bisa jadi pada shio apapun. 

Jadi, optimislah. Kalau pun tahun ini kita tidak bisa mendapat yang terbaik, setidaknya kita bisa tetap baik dan tidak malah berubah menjadi buruk.

More Posts

Leave a comment