Bumi meminta kita untuk Berbagi


cropped-img-20170404-wa0026.jpg

Menurut Prof. Emil Salim, daya dukung bumi kita ini sebenarnya hanya layak untuk didiami oleh kurang lebih 4,7 miliar orang. Faktanya, saat ini sudah ada kurang lebih 8 miliar penduduk bumi. Tahun 2030 yang akan datang, diperkirakan penduduk bumi akan mencapai 9 miliar atau bahkan lebih.

Dengan jumlah penduduk yang melebihi kapasitas daya dukung bumi, kita seolah butuh dua bumi. Yang mana, itu mustahil. Kita tidak mungkin mengkloning bumi. Kita harus hidup di atas bumi dengan sumberdayanya yang terbatas dan semakin terbatas.

Dalam situasi itu, tidak ada pilihan bagi kita selain: Pertama mengoptimalkan anugerah Allah SWT yang paling berharga, yakni akal dan pikiran, agar kita bisa tetap mengambil manfaat alam tanpa mengurangi hak generasi yang akan datang untuk menikmati sumberdaya sebagaimana yang kita nikmati saat ini.

Kedua, kita harus mengasah rasa kemanusiaan kita. Karena dengan sumberdaya yang terbatas, tidak ada pilihan bagi kita selain mau berbagi. Membagi pengetahuan, membagi tenaga, dan membagi sumberdaya yang kita punya dan menghimpunnya menjadi sumberdaya bersama, agar semua umat manusia tanpa kecuali dapat hidup secara bermartabat di tengah dukungan sumberdaya yang semakin terbatas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s