Azis van Kalijodo (1)


daeng-azis_20160226_135654
Daeng Aziz (Sumber: Tribunnews)

Fragmen Kalijodo saat ini bermula ketika Toyota Fortuner yang dikemudikan Riki Agung Prasetyo terlibat kecelakaan di kawasan Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Senin dini hari (8/2). Sebelum kecelakaan, Riki mengaku menghabiskan 10 botol bir di Kalijodo. Cerita tentang Kalijodo pun mengalir deras dan mencuatkan nama Abdul Aziz atau Daeng Aziz di jagat dunia maya.

Munculnya sosok Abdul Azis secara tidak langsung mengurai perhatian publik. Riki dan kisah tentang Toyota Fortuner berplat-nomor B-201-RFD tidak lagi menarik minat untuk dibicarakan. Sosok Abdul Aziz yang konon menjadi “penguasa bawah tanah” Kalijodo lebih banyak menarik keingintahuan publik.

Terlebih setelah Kombes Krishna Murti, Dirkrimum Polda Metro Jaya, mengaku pernah ditodong Abdul Aziz saat menjalankan tugas sebagai Kapolsek Metro Penjaringan antara tahun 2001-2004.

Abdul Azis adalah tokoh masyarakat, pengusaha, sekaligus salah-seorang tokoh yang paling disegani di jagad Kalijodo kontemporer. Dalam wawancara dengan tempo.co, Aziz mengaku datang ke Jakarta sejak 1989 bersama kakak sepupunya, Abdul Kadir Karaeng Ledeng. Mereka berasal dari Jeneponto, Sulawesi Selatan. Awalnya, dia membantu usaha berdagang minuman, rokok, makanan kecil, dan lain-lain.

“Curriculum Vitae”-nya di Kalijodo mungkin bisa disandingkan dengan cerita Don Corleone. Daeng Aziz membangun kekuasaan dengan aksi-aksi kekerasan dan keberanian. Tidak jarang dibumbui dengan mitos-mitos yang mengukuhkannya sebagai salah-satu God Father yang paling ditakuti di kawasan Kalijodo. “Karir” Aziz semakin meroket setelah mampu memimpin “aliansi” gabungan preman dari berbagai etnis untuk memukul mundur Geng Macan pimpinan Usman dari Mandar.

Dengan riwayat seperti itu, feeling saya mengatakan, rasanya sukar untuk percaya jika Daeng Aziz menyerah tanpa perlawanan begitu saja. Saya percaya bahwa penangkapan dan penggusuran Kalijodo bukanlah akhir dari cerita tentang Daeng Aziz dan Kalijodo.

Kayaknya gak segampang itu…

 

PS: dilanjut lagi kalo sempet yak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s