Kejadian Pilu dari Guatemala


Image
Carlos mempragakan bagaimana penembak menyerang keluarganya.

Terus-terang, saya tidak bisa membayangkan apa yang dibenak kecil seorang Carlos Daniel Gonzalez (6 tahun). Dia dan adiknya, Izabel Gonzalez (4 tahun), memang selamat dari serangan sekelompok bersenjata yang menewaskan kedua orangtua dan tujuh orang kerabatnya. Tapi apakah dia mampu mengatasi dampak psikologis akibat kejadian yang bagi saya sangatlah mengerikan.

Carloz Daniel Gonzalez dan Izabel Gonzalez adalah anak yang tinggal di dusun Las Escobas, municipalitas Villa Canales, 22 km di selatan Guatemala City. Tujuh anggota keluarga Gonzalez, termasuk seorang bayi yang masih berusia 8 bulan dan anak laki-laki usia 8 tahun, tewas ditembak sekelompok bersenjata. Carloz kecil dan adiknya Izabel berhasil selamat setelah bersembunyi.

Image
Tampak jelas bagaimana Carlos mengalami trauma berat akibat peristiwa yang menewaskan kedua orangtuanya.
Image
Carloz masih berusaha menenangkan Izabel, satu-satunya keluarganya yang tersisa.

Beberapa saat setelah kejadian, kedua anak tersebut kembali ke rumahnya bersama otoritas lokal dan menjelaskan apa yang telah mereka saksikan. Di tengah guncangan bathin (yang terus-terang tidak mampu saya bayangkan), Carloz berupaya menenangkan adiknya yang masih terguncang oleh kejadian tersebut.

ImageImage

Menurut International Crisis Group, Guatemala adalah salah-satu negara yang paling berbahaya di dunia. Populasinya tidak lebih dari penduduk Jakarta, sekitar 14 juta. Hampir 96% kejahatan di Guatemala terjadi tanpa hukuman pidana. Tidak hanya itu, korupsi terjadi di hampir semua tingkat pemerintahan dan kepolisian.

Sementara, peristiwa berdarah yang menewaskan anggota keluarga Carloz dipercaya memiliki kaitan dengan konflik perebutan hak atas tanah. Penembakan ini adalah bagian dari teror yang ditujukan untuk mengusir keluarga Carloz dan tetangganya dari tanah yang ditinggalinya.***

Sumber: dailymail.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s