Totalitas Teater Koma dalam “Sie Jin Kwie di Negeri Sihir”


Image

Weekend lalu, saya bersama istri dan beberapa teman sengaja menyempatkan diri menyimak pementasan Teater Koma di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Kali ini, Teater Koma mementaskan drama “Sin Jie Kwie di Negeri Sihir”.

Image

Seperti halnya tahun lalu, saat kami menyaksikan Pementasan Teater Koma, “Sin Jie Kwie kena Fitnah”, kali ini, kami kembali terhibur oleh totalitas Teater Koma dalam menyuguhkan sebuah pementasan teater yang bermutu di Indonesia.

Image

 

‘Sie Jin Kwie di Negeri Sihir’ menceritakan tentang kisah cinta putra Sie Jin Kwie yaitu Sie Teng San dan Hwan Li Hoa putra dari musuh Sie Jin Kwie.

Image

Kisah cinta Sie Teng San dengan Hwan Li Hoa dikisahkan berjalan dengan penuh liku. Hwan Lin Hoa dihadapkan sebuah dilema antara memenuhi ramalan gurunya, yang menjodohkannya dengan Sie Teng San, dengan kepentingan keluarganya yang sebenarnya bermusuhan dengan keluarga Sie Jin Kwie. Demi menjalankan amanat gurunya, Hwan Li Hoa terpaksa kehilangan ayah dan dua saudaranya.

Image

Upaya Hwan Li Hoa meyakinkan Sie Teng San pun senantiasa berhadapan dengan ketidakpercayaan Sie Teng San atas niat tulus Hwan Li Hoa. Sejak pertama kali bertemu, Sie Teng San berulangkali mengingkari janji. Bahkan, ketika pernikahan tengah dijalankan, Sie Teng San yang ragu pada kesetiaan Hwan Li Hoa juga berulangkali membatalkan pernikahan.

Bakti Hwan Li Hoa yang setia membantu misi Dinasti Tang menaklukan barat dan sikap Sie Teng San yang berulangkali mengecewakan Hwan Li Hoa membuat posisi Jenderal Sin Jie Kwie menjadi sulit. Tiga kali sudah Sie Teng San membatalkan pernikahan yang tengah dijalankan dan tiga kali pula Sin Jie Kwie terpaksa menghukum Sie Teng San karena dipandang tidak sopan.

Image

Di tengah kekalutan dan kebingungan akibat utang budi kepada Hwan Li Hoa yang tidak bisa dibalas dengan menikahkannya dengan Sie Teng San, anaknya, Jenderal Sie Jin Kwie kemudian melakukan misi yang paling berbahaya, yakni menyerang Negeri Sihir. Serangan yang dilakukannya seorang diri menyebabkan dirinya terperangkap dalam selubung siluman.

Image

Sie Teng San kemudian dibebaskan dari penjara untuk menyelamatkan Jenderal Sin Jie Kwie yang terperangkap di Negeri Sihir. Sie Teng San berhasil menaklukan Negeri Sihir namun upaya tersebut justru menyebabkan ayahnya Sie Jin Kwie terbunuh.

Dalam pementasan ini, Sie Jin Kwie diperankan oleh Rangga Riantiarno, Sie Teng San diperankan oleh Ade Firman Hakim, sementara tokoh Hwan Li Hoa diperankan oleh Tuti Hartati.

 

Sumber Foto: koleksi saya sendiri🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s