Breivik (1)


Ketika Breivik diketahui sebagai aktor tunggal dalam aksi pemboman Kantor Perdana Menteri Norwegia di Oslo dan penyerangan brutal ke Pulau Utoya, saya semakin yakin bahwa masalah utama dibalik aksi-aksi brutal yang mengatasnamakan agama justru bukan disebabkan oleh agama.

Secara verbal Anders Behring Breivik (32) menyamakan dirinya seperti Knight Templar, para martir Kristen di Eropa di abad pertengahan, yang “berjuang” membatasi atau membasmi perkembangan Muslim di Eropa. Dia mengakui dirinya sebagai pelaku serangan kembar di Norwegia, namun dia merasa tidak merasa bersalah atas insiden yang menewaskan lebih dari 76 orang.

Breivik memang unik. Berbeda dengan pelaku kriminal bersenjata lain—yang akan melawan pada saat hendak ditangkap—Breivik begitu saja menyerahkan diri pada polisi. Haavard Gaasbakk, Kepala Kepolisian yang terjun ke Pulau Utoeya pada saat kejadian mengatakan, “Suddenly in front of us there was the gunman with his hands above his head”.

Pasca tertangkapnya Breivik, media berusaha mencari tahu faktor pendorong pria pendiam yang tidak pernah memiliki catatan kriminal itu dapat melakukan tindakan brutal, membunuh puluhan orang secara dingin. Media mulai menelusuri latar belakang keluarga, pergaulan sosial dan politik, yang mengarah pada petunjuk jika aksi yang dilakukan Breivik ini merupakan ekspresi politik yang dilandasi oleh keyakinan ideology ultra-kanan.

Ideology adalah “bangunan atas”, atau “suprastruktur”, yang tentu saja tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa topangan “bangunan bawah” atau “basis sosial”. Pertanyaannya, basis sosial seperti apa yang menjadi penopang tumbuhnya “ideology” semacam itu?

bersambung

Syamsul Ardiansyah
http://syamsuladzic.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s