Pemakaman Alm. Mia Bustam


Hari ini saya menghadiri prosesi pemakaman almarhumah Ibu Fransisca Emanuela Sasmiati atau yang biasa dikenal dengan nama Mia Bustam.

Ibu Mia Bustam adalah tokoh Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra), sebuah organisasi seniman yang disebut-sebut memiliki afiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Karena aktivitasnya, almarhumah sempat ditahan dan dipindahkan dari satu rutan ke rutan yang lain, dari satu penjara ke penjara yang lain, tanpa pengadilan, tanpa pernah dinyatakan bersalah, bahkan tanpa tuduhan yang jelas.

Dua buku telah ditulisnya, “Sudjojono dan Aku” terbit 2006 dan “Dari Kamp ke Kamp: Cerita Seorang Perempuan” terbit 2008.  Keduanya dirampungkan beliau yang mengaku bukan penulis, hanya pencerita. 

Secara pribadi saya tidak mengenal sosok Mia Bustam. Namun saya mengenal dua diantara delapan anak beliau, yakni Pak Tedjabayu yang saat ini bekerja di ISAI dan Pak Abang Rahino yang baru saja saya kenal setelah bersama-sama menjadi relawan selama erupsi Merapi pada Oktober-Desember 2010 yang lalu.

Selamat Jalan ibu Mia Bustam, seperti kata Pak Tedjobayu tadi siang, tugas sejarah ibu sudah selesai. Kini giliran kami yang meneruskannya.

Depok, 3 Desember 2010

Leave a Reply

