Argentina is the best!


Sejauh ini, Argentina menjadi tim yang paling meyakinkan dari semua tim yang lolos ke babak 16 besar FIFA World Cup 2010. Tiga kali menang membuat Argentina meraih poin sempurna. Saya makin menjagokan tim yang dibesut “the legend” Diego Maradona ini.

argentinacelebwithhiguainlifted_576x324

Rekor pertandingan argentina pun tergolong cukup fantastis. Tim berjuluk the tango ini mampu mencetak tujuh gol dan hanya kebobolan satu gol sepanjang tiga pertandingan pada babak penyisihan. Prestasi ini memang hanya berada di bawah Portugal, yang praktis tidak pernah kebobolan selama tiga laga pertama.

Selain meraih poin sembilan, striker Gonzalo Higuain juga tercatat sebagai pencetak hattrick pertama di ajang piala dunia kali ini. Tiga gol yang dilesakkan dalam laga kontra Korea Selatan menjadikannya sebagai salah-seorang top scorer sementara.

Bicara tentang Argentina, tentu tidak lengkap jika tidak mengulas “The Messiah” Lionel Messi. xin_05203063109222183088210

Sampai sekarang, Lionel Messi yang kini dipercaya menjadi kapten tim memang belum mencetak gol, namun talenta permainannya dalam tiga laga pertama Argentina menjadikannya sebagai salah-seorang pemain yang berbahaya di ajang FIFA World Cup 2010 ini.

Selain Messi, di tim ini juga memiliki Carloz Tevez, striker Menchester City, gelandang Angel di Maria yang cemerlang saat ajang Olimpiade 2008, dan Diego Milito yang sukses mengantar clubnya, Inter Milan meraih ‘treble winner’; juara seri A, Coppa Italia, dan liga Champion.

Di lini tengah dan belakang, terdapat beberapa pemain sarat pengalaman seperti duo gelandang Liverpool Maxi Rodriguez dan Javier Macherano, kemudian back Intermilan Walter Samuel dan Gabriel Heinze yang kini bermain di Marseille, serta Kiper AZ Alkmarr Sergio Romero. Intinya, komposisi pemain bintang di tim ini menjadikannya diatas kertas akan sulit dikalahkan oleh tim mana pun.

Yang membuat saya khawatir atas tim ini adalah spekulasi-spekulasi yang kerap diambil Maradona. Salah-satu keputusan Maradona yang menurut saya spekulatif adalah memainkan Juan Sebastian Veron sebagai starter dengan tugas menyuplai bola ke Lionel Messi dan Higuain.

Pada pertandingan pembuka, gol Gabriel Heinze memang lahir dari tendangan sudut yang dilakukan Veron, namun kontribusi positif Veron dalam pertandingan awal kontra Nigeria itu sepertinya hanya sebatas itu. Selebihnya, Veron kerap terlihat tidak fokus. Umpan-umpannya kerap tidak terukur sehingga Lionel Messi terpaksa turun ke belakang mengambil bola.

Lawan berikut yang harus dihadapi Argentina adalah Meksiko yang tampil cukup impresif di babak penyisihan. Jika mampu mengatasi perlawanan Meksiko, Argentina mampu mengatasi pemenang pertandingan antara Inggris dengan Jerman untuk bisa melaju ke semi-final.

Baik Inggris maupun Jerman memang tidak menampilkan performa maksimal pada babak penyisihan, namun tetap saja, kedua tim ini sama-sama berbahaya dan tetap menjadi favorit juara. Artinya, kalau pun melenggang ke perempat final, beban Argentina tidaklah mudah.

Alhasil, Argentina adalah tim yang memiliki syarat-syarat untuk menjadi juara. Di samping komposisi pemain yang diisi oleh jajaran bintang, tim ini juga telah membuktikan kualitasnya, setidaknya dalam laga penyisihan. Saya berharap Diego Armando Maradona tidak berspekulasi dalam menentukan strategi dan komposisi pemain.

Kejelian dalam menentukan strategi dan komposisi pemain akan menjadi kunci bagi Argentina untuk meraih tropi Piala Dunia yang terakhir mereka raih tahun 1986 lampau. So, viva Argentina!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s