Iblis di benak siapa?


Dia begitu marah saat dia kutuding sebagai pembual. Aku tidak tahu bagaimana nasibku jika saat itu didekatnya ada sebilah pedang atau senjata lain, mungkin saat itu juga, nyawaku akan melayang.

Hari itu, dia sepertinya tidak lagi menganggap aku sebagai teman hidupnya. Kebersamaan kami selama puluhan tahun sirna begitu saja. Bertubi-tubi pukulan dan tendangan menghantam tubuhku. Kepala, dada, perut, dan kakiku biru memar oleh tindakannya. Aku tersungkur dan berdarah, bajuku koyak dan penuh dengan lumpur tanah.

Aku sengaja tidak melawan. Pun tidak ada kata yang aku ucapkan. Aku hanya diam. Rupanya, sikapku begitu membuatnya semakin tegang dan beringas. Pukulan dan tendangan-tendangannya semakin keras mendarat di tubuhku.

Aku masih tergolek saat dia berhenti pukuli badanku. Sambil terengah, dia bersungut, “berdiri kau cepat, lawan aku!”

Susah payah aku berdiri. Aku jawab tantangannya. Kubilang, “kau pembual!”

Taklama dari itu, satu pukulan tangan kanan makin merobek pelipis kiriku. Aku pun kembali jatuh tapi sungguh sedikitpun aku tak sudi untuk meringis.

Dia membalikkan badan sambil memegang kepalanya. Lantas berbalik lagi dan menubrukku. Persis di depan mukaku dia berkata, “Kamu tahu, aku cinta kamu. Aku tidak memukulimu tapi memukuli setan yang bercokol di tubuhmu. Tak kusangka, kuat sekali dia berada di badanmu, hingga pukulan-pukulanku tak mampu enyahkan dia darimu”.

Fuihhh!!!! Ludah bercampur darah kumuntahkan ke mukanya.

“Hati-hati kau bicara, tanyakan pada dirimu sendiri di mana iblis itu berada. Di tubuhku? Atau otakmu? Sekarang, enyah kau dari sini!”

Kudorong dia menjauh dari badanku hingga terguling di lantai. Aku kembali berdiri dan membakar sebatang rokok. Dia diam dan pergi.***

Depok, April 2010

Leave a Reply

